Wednesday, September 10, 2014



Tantangan ember air es (Ice Bucket Challenge)!


Akhir-akhir ini banyak orang mengguyurkan seember air berisi es ke badan sebagai suatu kampanye penggalangan dana untuk penelitian penyakit syaraf ALS (penyakit yang juga dialami oleh Fisikawan Stephen Hawking). Terlepas dari pro dan kontra tantangan itu, namun ada hal secara fisika yang perlu diperhatikan dalam melakukan tantangan tersebut!

Jika yang diguyurkan hanya seember saja, mungkin tidak akan berdampak buruk terhadap tubuh, namun jika terlalu banyak, atau tubuh dalam keadaan yang tidak fit, malahan bisa membuat sakit bahkan terkena hypothermia.
Tubuh kita pada umumnya melepaskan panas melalui 4 mekanisme, yaitu radiasi, konduksi, konveksi dan evaporasi. Mengenai konduksi, air adalah penghantar panas yang baik, dimana memiliki daya hantar sekitar 23 kali daya hantar udara. Inilah yang membuat tubuh kita terasa dingin saat disiram, karena panas tubuh akan keluar dengan cepat saat disiram. Hal tersebut lebih diperburuk ketika kita masih mengenakan pakaian yang basah.
Oleh karena itu, ketika melakukan tantangan Ice Bucket tadi, pahami benar apa yang terjadi dengan reaksi perpindahan panas tubuh. Namun yang terpenting, hematlah air selagi masih ada air bersih.  

    
Sumber: http://www.g2e.me
Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: Tantangan ember air es (Ice Bucket Challenge)!
Ditulis Oleh Unknown
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih

0 comments:

Post a Comment