Thursday, September 4, 2014



 ILMU LINGKUNGAN 

A. Pengertian Ilmu Lingkungan
Ilmu ini mempelajari tentang hubungan antara jasad hidup (termasuk manusia) dengan lingkungannya. Suatu ruang lingkup yang luas dan berkaitan antara berbagai macam ilmu, antara lain sosiologi, Epidemiologi, kesehatan masyarakat, planologi, Geografi, Ekonomi, Meteorologi, Hidrologi, bahkan pertanian, kehutanan, perikannan, dan peternakan. Dengan adanya ilmu yang luas dan saling berkaitan ini dapat mengatasi masalahyang menyangkut hubungan antara jasad hidup dengan lingkungannya. Pada dasarnya, flagmentasi ilmu pengetahuan (sains) kedalam ilmu-ilmu yang lain disebabkan karena:
1. Studi yang terlalu menjurus, dan mendalam;
2. Penelitian ilmiah dimasa lampau sering dipusatkan pada kejadian yang sangat khas;
3. Pada penguraian situasi yang selalu terpisah-pisah;
4. Pada gejala yang saling terikat antara satu dengan yang lain.
Ilmu yang menyangkut masalah lingkungan ke dalan kategori variable yang serupa, yaitu energi, materi, ruang, waktu, dan keanekagaraman (deversitas).
Ilmu lingkungan juga dianggap sebagai titik pertemuan “ilmu murni dan ilmu terapan“. Karena ilmu lingkungan sebenarnya ialah ekologi (ilmu yang mempelajari pengaruh faktor lingkungan terhadap mahluk hidup), menyangkut pula hubungan manusia dengan lingkungannya. Adapun perbedaan antara ilmu murni dan ilmu terapan adalah oleh batas yang terlalu dibuat-buat, yang bersifat tradisi belaka. Asas dan konsep ekologi pada ilmu lingkungan dapat digunakan menanggulangi masalah dibidang keilmuan yang lebih diterapkan.

B. Ekologi Sebagai Dasar Ilmu Lingkungan
Ekologi merupakan salah satu ilmu dasar bagi ilmu lingkungan. Dalam ilmu lingkungan seperti halnya ekologi makluk hidup (organisme) pada dasarnya di pelajari dalam unit populasi.populasi ialah sekelompok individu-individu makhluk hidup yang sejenis yang hidup dalam suatu lingkungan tertentu.
Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari interaksi, baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. Dalam ekologi, kita mempelajari makhluk hidup sebagai kesatuan atau sistem dengan lingkungannya. Ekologi merupakan cabang ilmu dari biologi yang mempelajari tentang kehidupan. Kata “ekologi” (Ökologie) pertama kali digunakan pada tahun 1866 oleh Ernst Haeckel seorang Ilmuwan berkebangsaan Jerman. Para filsuf kuno dari Yunani (Hippocrates dan Aristoteles) telah melakukan pencatatan dan observasi pertama kali pada sejarah alamiah dari tumbuhan dan hewan. Ekologi tidak sama (sinonim) dengan lingkungan, paham lingkungan, sejarah alam atau Ilmu lingkungan. Ekologi lebih dekat berhubungan dengan fisiologi, biologi evolusi, genetic dan etologi. Seorang ahli ekologi berusaha untuk menjelaskan tentang:
1.  Proses kehidupan dan adaptasi
2.  Distribusi dan kelimpahan organisme
3.  Perpindahan material dan energy pada komunitas hidup
4. Suksesi perkembangan dari ekosistem
5. Kelimpahan dan distribusi dari keanekaragaman hayati pada konteks lingkungan.
Ekologi merupakan ilmu manusia. Ada banyak aplikasi dari ekologi seperti biologi konservasi, managemen lahan basah, managemen sumber daya alam (pertanian, kehutanan dan perikanan), perencanaan kota (urban ekologi), kesehatan masyarakat, ekonomi, ilmu dasar dan terapan dan interaksi sosial manusia (ekologi manusia).
Pembahasan ekologi tidak lepas dari pembahasan ekosistem dengan berbagai komponen penyusunnya, yaitu faktor abiotik dan biotik. Faktor biotik antara lain suhu, air, kelembapan, cahaya, dan topografi, sedangkan faktor biotik adalah makhluk hidup yang terdiri dari manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroba. Ekologi juga berhubungan erat dengan tingkatan-tingkatan organisasi makhluk hidup, yaitu populasi, komunitas, dan ekosistem yang saling mempengaruhi dan merupakan suatu sistem yang menunjukkan kesatuan.
Mahluk hidup pada dasarnya dipelajari dalam unit populasi. Populasi adalah sekelompok individu-individu mahluk hidup yang sejenis yang hidup dalam suatu lingkungan tertentu.
1. Individu
Individu berasal dari bahasa latin, yaitu in = tidak; dan divides = dapat dibagi. Individu ialah suatu satuan struktur yang membangun suatu kehidupan dalam bentuk makhluk. Contoh: peristiwa yang sama akan terlihat pada dunia hewan, misalnya voluox. Voluox merupakan hewan yang bersel satu, hewan ini hidup berkelompok (berkoloni).
Banyak sedikitnya individu yang termasuk dalam satu populasi bergantung pada potensi untuk berbiak saling antara individu yang satu dengan individu yang lain. Kepadatan populasi ialah hubungan jumlah individu tiap m3.
Perubahan kepadatan populasi disebabkan oleh:
1. Mortalitas (angka kematian)
2. Natalitas (angka kelahiran)
3. Imigrasi (perpindahan)

2. Populasi
Populasi dapat dikatakan sebagai kumpulan individu suatu spesies makhluk hidup yang sama. Contohnya, biawak (varanus salvator) sejenis reptilian, dijumpai secara tersebar diseluruh kumpulan Indonesia. Tentunya sangat sulit untuk menentukan populasi, karena adanya wilayah yang terpisah-pisah. Cara menentukan batasan populasi yang lebih baikdidasarkan pada pengaruh atau individu yang lain dalam suatu populasi. Oleh sebsb itu, populasi dipandang sebagai system yang dinamis. Maka, populasi adalah kumpulan individu sebuah spesies yang mempunyai potensi untuk berbiak saling antarsatu individu yang individu yang lain. Kepadatan populasi yang tinggi akan menimbulkan persaingan atau kompetisi yang dapat menimbulkan 2 akibat, yaitu:
1. Dalam jangka waktu yang singkat akan menimbulkan akibat (efek) ekologi;
2. Dalam jangka waktu yang panjang akan menimbulkan akibat evolusi.
Dalam jangka waktu yang singkat, akibat dari ekologi berupa:
a. Kelahiran, kelangsungan hidup, dan pertumbuhan populasi yang boleh jadi tertekan
b. Pemindahan (emigrasi) populasi yang mungkin meningkat.
Efek dari evolusi (persaingan yang dapat menyebabkan perubahan):
- Adanya perebutan makanan (hukum alam)
- Siapa yang menang, dialah yang meneruskan generasi.
Ada dua factor yang dapat menurunkan daya biak populasi, yaitu:
1. Faktor bergantung pada kepadatan populasi itu sendiri (density-dependent factor)
2. Fakor yang tidak bergantung pada kepadatan populasi (density-independent factor)

3. Komunitas
Komunikasi adalah beberapa kelompok mkhluk hidup bersama-sama dalam suatu tempat yang bersamaan. Contoh populasi semut, kutu daun, dan pohon tempat mereka tinggal membentuk suatu komunitas.
a.       Perubahan komunitas
Keadaan komunitas di permukaan batuan berubah sesuai dengan perubahan lingkungan yang terjadi. Perubahan komunikasi yang sesuai dengan perubahan lingkungan yang terjadi akan berlangsung terus sampai pada suatu saat terjadi suatu “komunitas padat“. Komunitas padat ini disebut “komunitas klimaks“.
b.      Pemungutan hasil populasi
Ada empat macam pengertian yang penting untuk diketahui sehubungan dengan pemungutan hasil pelbagai bentuk populasi oleh manusia:
1.      Biomassa ialah berat total populasi
2.      Hasil bawaan (standing crop) ialah jumlah individu atau biomassa suatu populasi pada waktu tertentu.
3.      Produktivitas ialah jumlah jaringan hidup yang dihasilkan oleh suatu populasi dalam jangka waktu tertentu
4.      Hasil panen ialah jumlah hasil yang dipungut pada suatu waktu panen bagi kepentingan manusia.
Kombinasi komunitas dan menjalankan fungsi yang agak berbeda. Komunitas antara habitat, tempat suatu spesies hidup, dengan fungsi spesies dalam habitat itu, memberikan pengertian nicia (niche). Nicia digunakan untuk meramal macam tumbuhan dan hewan yang dapat ditemukan dalam suatu komunitas, nicia juga dipakai untuk menaksirkan kepadatan dan fungsinya pada suatu komunitas, serta menaksirkan kepadatan dan fungsinya pada suatu musim.
Margalef (1958) mengemukakan bahwa untuk menentukan keanekaragaman itu dalam organisasi komunitas perlu dipelajari aspek keanekaragamanitu dalam organisasi komunitasnya. Misalnya:
1.      Mengalokasikan individu populasinya ke dalam spesiesnya;
2.      Menempatkan spesies tersebut ke dalam habitat atau nicia-nya;
3.      Menentukan kepadatan relatifnya dalam habitat tersebut;
4.      Menempatkan setiap individu ke dalam tiap habitatnya dan menentukan fungsinya.

4.  Ekosistem
Tingkat organisasi yang lebih tinggi dari komunitas adalah ekosistem. Sinar matahari merupakan sumber energi dalam sebuah ekosistem, yang oleh tumbuhan dapat diubah menjadi kimia melalui proses fotosintesis dan seterusnya diolah dalam proses metabolism. Beberapa bagian jaringan hidup yang dibentuk, seperti daun, buah, biji, dan umbi dapat dimakan oleh herbivore.
Didalam tanah dijumpai dua jenis microba, yaitu mikroba pembusuk dan mikroba pengurai. Tumbuhan yang dapat membentuk bahan organic dari mineral dan energi matahari dengan proses fotosintesis merupakan komponen produsen dalam ekosistem.
Derajat produksi dalam ekosistem dinyatakan dalam satuan : berat atau kalori, karena berat makhluk kering kalau dibakar menghasilkan panas ; persatuan luas (m2 untuk unit kecil, ha atau km2 untuk unit besar) persatuan waktu (hari atau tahun.
Disimpulkan bahwa dalam kehidupan di muka bumi ini, makhluk hidup tidak dapat berdiri sendiri, bergantung satu dengan lainnya dan lingkungan abiotik. Dalam ekosistem terjadi aliran energi dan siklus materi. Ekosistem secara rinci dibedakan atas ekosistem darat dan ekosistem air. Selanjutnya, dibedakan menjadi ekosistem air tawar dan ekosistem air asin.

C. Pengaruh Manusia terhadap Lingkungan
Manusia dengan pengetahuannya mampu mengubah keadaan lingkungannya sehingga menguntungkan dirinya. Pada zaman Neolitikum, kira-kira 12000 tahun yang lalu, nenek moyang kita dari berburu kemudian memelihara hewan buruannya. Dari manusia pemburu berubah menjadi manusia pemelihara. Dari manusia “nomadis“ berubah menjadi menetap.
Dengan ilmu dan teknologi, kemampuan manusia untuk mengubah lingkungan semakin besar. Di lain pihak, kemajuan dalam bidang kebudayaan telah pula menambah kebutuhan manusia.

1. Lingkungan Hidup yang diharapkan Manusia
Setiap makhluk hidup menginginkan agar temapat hidupnya memberikan keamanan dan menyenangkan. Suatu ekosistem mempunyai stabilitas tertentu. Semakin besar keanekaragaman ekosistem, semakin besar stabilitasnya. Walaupun hutan dikatakan mempunyai stabilitas yang tinggi, tetapi kecil sekali memberikan daya dukung (carrying capacity) untuk keberlangsungan cara hidup manusia. Yang dimaksud daya dukung ialah adanya unsure biotic dan abiotik yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Energy tambahan kepada ekosistem itu disebut subsidi energy, istilah ini dikemukakan oleh Adam (1971).
Harus diakui bahwa disatu pihak Tuhan telah menciptakan seluruh alam dengan isinya untuk manusia, tetapi di lain pihak manusia harus menciptakan agar lingkungan hidup memiliki daya dukung yang kuat.
Kelvin Lynch dalam bukunya site planning (1962) mengingatkan bahwa suatu kota harus menyediakan cukup fasilitas yang berupa perumahan, air, udara, cahaya, bebas dari gangguan kebisingan suara, dan tempat untuk menampung kegiatan sehari-hari tanpa meninggalkan segi estetika perkotaan. Penduduk yang padat pada suatu lingkungan hidup seringkali merusak estetika lingkungan hidup itu.
Pada umumnya setiap negara memiliki suatu tempat yang dijadikan kebanggaan Negara, tempat itu terkadang memiliki keindahan yang luar biasa atau berupa benda-benda peninggalan yang tidak ada duanya di dunia atau terdapat flora atau fauna yang khusus sehingga tempat itu perlu dirawat dan dijaga kelestariannya. Tempat itu dinamakan Taman Nasional.

2. Macam sumber daya alam
Sumber daya alam digolongkan menjadi dua, yaitu: sumber daya alam berupa makhluk hidup (sumber daya alam biotik) dan sumber daya alam berupa tidak hidup (sumber daya alam abiotik). Sumber daya lam biotic meliputi hewan liar maupun piaraan, hutan, dan tumbuhan lainnya. Sumber ini mempunyai sifat dapat memperbarui diri, artinya dapat memperbanyak diri dengan cara berkembang biak. Sember daya biotik sering pula dinamakan renewable resources. Sumber daya lama abiotik tidak mempunyai kemampuan memperbanyak diri atau bertambah banyak dan disebut non-renewable resources.

3. Konservasi Sumber Daya Alam
Konservasi lingkungan merupakan masalah besar bagi kita yang meliputi: konservasi air, tanah, hutan, mineral, dan margasatwa. Masalah utama dari penggunaan dan pengontrolan air antara lain:
1. Menyimpan air sampai kita gunakan;
2. Mengangkutnya sampai ke tempat manusia memerlukannya;
3. Mencegah menumpuknya atau melenyapnya air pada suatu tempat yang sangat membahayakan manusia dan makhluk lain.
.   
4. Pertumbuhan Penduduk dan Sumber daya alam
Penduduk bumi pada tahun 1975 diperkirakan berjumlah 3967 juta, tahun 1991 berjumlah 5 miliar, dan pada tahun 2000 diperkirakan mencapai 6253 juta jiwa. Pertambahan penduduk yang pesat itu sudah dapat dipastikan akan meningkatkan keperluan sumber daya lam bagi manusia. Sampai saat ini, hamper di seluruh bagian bumi telah banyak ditemukan sumber daya alam mineraldan bahan tambang lainnya. Untung bagi suatu Negara yang mempunyi sumber daya lam yang melimpah seperti minyak bumi, tembaga, bijih besi, nikel, mangan, dan sebagainya. Beberapa sumber daya alam yang selama ini telah dapat dimanfaatkan bagi kesejahteraan manusia. Sember daya alam tumbuhan dapat berupa tumbuhan yang dibudidayakan seperti perkebunan, pertanian, ataupun tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan. 

5. Macam Polusi dan Bahayanya
Polusi (pollutant) dapat digolongkan ke dalam dua golongan, bersifat kuantitatif (quantitative pollutant) dan bersifat kualitatif (qualitativepollutant).  Substansi yang secara ilmiah terdapat di alam lingkungan tetapi jumlahnya menjadi meningkat karena adanya kegiatan manusia dinamakan polutan yang bersifat kuantitatif. Sintesis yang dihasilkan oleh adanya kegiatan hidup manusia kita sebut pollutan yang bersifat kualitatif.
a. Polusi Udara
Polusi udara mempunyai sumber yang beranekaragam. Dari kendaraan termotor dikeluarkan polutan ke udara dalam bentuk gas: karbon monoksida (CO), nitrogen oksida, belerang oksida, hidrokarbon, dan partikel padar. Disamping itu, masih terdapat lagi sumber polutan udara, misalnya pabrik besi baja, penyulingan minyak bumi, dan pabrik petrokimia.   Menurut data yang diperoleh daripenelitian menunjukan polusi udara telah banyak menimbulkan gangguan kesehatan manusia. Mari kita teliti lebih lanjut mengenai polusi udara dan efeknya terhadap tubuh manusia. Karbon monoksida dapat menyebabkan pekerjaan darah atau hemoglobin terganggu. Fungsi hemoglobin yang ada pada butir darah merah untuk mengikat oksigen dan mengedarkannya ke seluruh tubuh menjadi terganggu hemoglobin. Akibatnya, tubuh akan mengalami kekurangan oksigen yang sangat vital sehingga jantung dan paru-paru akan bekaerja lebih keras lagi untuk memberikan oksigen. Gas nitrogen oksida mempunyai pengaruh yang sama seperti gas karbon monoksida, yaitu mempengaruhi kemampuan dalam mengikat dan mengangkut oksigen. Belerang dioksida banyak menimbulkan penyakit pada saluran pernafasan.
b. Polusi Air dan Tanah
Polutan sebagai hasil kegiatan hidup manusia dapat juga mencemarkan air dan tanah. Bila jumlah penduduk suatu Negara berkembag maka, perindustrian pun berkembang sehingga masuklah banyak polutan ke system perairan, antara lain adalah detergen, asam belerang, dan banyak lagi subtansi kimia. Begitu pula dengan peningkatan produksi pertanian untuk mengimbangi pertumbuhan penduduk, semakin banyak lagi polutan dihasilkan. Seperti pestisida, herbisida, dan nitrat. Polutan air di dalam tanah karena polutan tertentu dapat membinasakan mikroorganisme yang terdapat pada tanah dan perairan yang sumbernya mempunyai peranan penting dari siklus materi pada suatu ekosistem. Pestisida meliputi fungisida, herbisida, insektisida, fimigan, dan rodentisida. Insektisida digolongkan menjadi dua golongan besar; hidrokarbon chloride (chlorinate hydrocarbon), misalnya DDT, aldrin dan lain-lain, serta fosfor organik seperti parathion, malathion, dan lain-lain. Sisa pestisida dalam tanah dapat menimbulkan banyak masalah pertanian. Sisa-sisa pestisida terbesar disebabkan oleh penyemprotan atau penggunaan langsung dari tanah. Bahaya-bahaya utama dari sisa-sisa insektisida hidrokarbon chloride adalah bahaya terhadap rantai makanan pada suatu ekosistem. DDT yang terdapat pada satu tahun, misalnya, dihisap secara selektif oleh plankton yang akan dimakan oleh ikan kecil yang akan dimakan oleh ikan yang lebih besar lagi. Konsentrasi ini sering disebut sebagai biological magnification. Insektisida secara tidak langsung dapat menimbulkan kanker. Terlebih dahulu jaringan rusak karena adanya timbunan DDT yang banyak sehingga fungsi jaringan tidak baik lagi untuk menyaring bahan penyebab kanker yang masuk melalui makanan. Susunan syaraf manusia dapat terkena akibat adanya DDT dalam tubuh, yaitu di susunan saraf pusat. Gejala yang mungkin dapat timbul sebagai kelelahan, gatal-gatal, kejang, dan sampai timbul kelumpuhan. Jenis populasi yang dijumpai pada Negara yang sudah berkembang maupun yang sedang berkembang maupun yang sedang berkembang ialah adanya bahan plastik. Bila bahan tersebut dibuang begitu saja, ia tidak dapat terurai sehingga akan mencemari perairan maupun tanah lingkungan hidup kita.

c. Polusi Suara
Kebisingan yang berlangsung sehari-hari terutama di kota besar, dengna berkembangnya teknologi dan pertumbuhan penduduk yang pesat diperkirakan akan meningkat dua kali lipat dalam 20 tahun mendatang. Seperti halnya suhu, kuat lemahnya suara dapat diukur pula, yaitu dengan menggunakan satuan decibel (db). Penelitian telah dilakukan untuk mengetahui sampai dimana pengaruh suara tadi terhadap organ tubuh manusia. Akibat yang dapat timbul ialah hilangnya daya pendengaran secara permanen bila seorang mendengar suara dengan kekuatan yang tinggi. Selama tahun 1968 dan 1969, telah dicatat bahwa orang yang masuk rumah sakit jiwa di London lebih banyak dari daerah dekat lapangan terbang Heathrow dibandingkan dengan daerah lainnya yang kurang terganggu oleh suara bising pesawat terbang.





Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: ILMU LINGKUNGAN
Ditulis Oleh Unknown
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih

0 comments:

Post a Comment